Pengalaman Tes Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Bank Indonesia “PCS”

Sebelumnya saya minta maaf, jika tulisan saya kurang rapi. Setelah lama tidak menulis, kali ini saya tertarik untuk menulis pengalaman tes Bank Indonesia jalur staff atau biasa disebut PCS. Kenapa saya tertarik menulis tentang ini? Karena ketika saya browsing tidak banyak yang menginformasikan tentang PCS kebanyakan mereka menuliskan tentang PCPM (Penerimaan Calon Pegawai Muda). Seleksi Bank Indonesia jalur PCS itu sendiri merupakan rekrutmen pegawai setingkat staff. Pada Tahun 2017 ini BI membuka lowongan pekerjan untuk putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi bagian dari mereka. Seleksi Bank Indonesia jalur staff memiliki beberapa posisi yang berbeda dan memiliki persyarat yang berbeda disetiap posisi. Jabatan yang dilamar antara lain:
1.       Operational and Admin Staff (Pelaksana Junior)
2.       Junior IT Staff (Pelksana IT Yunior)
3.       Junior Cashier (Kasir Yunior)
4.       Security Supervisor (Pengawas Pengamanan)
5.       Electronic  Security System Supervisor (Pengawas Electronic Security System)
6.       Security Planning and Command Center Staff (Staff Command Center dan Perencanaan  Pengamanan)
Pada tahap pertama, peserta diharuskan mendaftar melalui situs ppm-rekrutmen.com/bankindonesia. Jika sudah kita harus mengisi form cv online yang disediakan. Jadwal pelaksanaan registrasi online dan seleksi administrasi tanggal 6-11 Mei 2017 dan pengumuman seleksi administrasi 15 Mei 2017. Yang harus disiapkan ketika registrasi online adalah soft file Ijazah, Transkrip Nilai, KTP. 

Tahap I Tes Tertulis
Tes tertulis ini dilaksanakan setelah dinyatakan memenuhi kualifikasi “Administrasi”. Pelaksanaan Tes Tertulis pada tanggal 20 Mei 2017 dan tempat di kampus STEKOM Jl. Majapahit Semarang
A.      Psikotest
B.      ESSP Test
C.      Grafis Test
D.      Kebanksetralan
E.       Bahasa Inggris
Pelaksaan test tertulis berlangsung selama kurang lebih 8 jam.

Tahap II Test Wawancara Psikolog
Test wanlog ini dilaksanakan setelah peserta dinyatakan memenuhi kualifikasi tahap I. Alhamdulillah Allah masih memberi kesempatan saya mengikuti tahap selanjutnya. Pelaksanaan Wanlog pada tanggal 5-6 Juni 2017 dan tempat di Hotel Gracia Semarang. Kebetulan saya dapat yang hari pertama pukul 13.00 WIB, karena pada tes wanlog ini dibagi menjadi tiga Batch yaitu jam 10.00 WIB, 13.00 WIB dan 15.00 WIB. Durasi saat test ini hanya sebentar setiap peserta sekitar 30-45 menit.

Tahap III Test Psikiatri dan Tes Kesehatan
Tes Psikiatri dilaksanakan di gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Tes Kesehatan di Klinik Pramita. Test Psikiatri atau yang biasa dikenal dengan MMPI ini bertujuan untuk mengetahui kejiwaan peserta,pada test ini kita  diberikan pernyaataan sebanyak 567  dengan jawaban setuju atau tidak setuju, waktu pengerjaanya 2jam. Menurut saya test ini tidak lah sulit hanya butuh konsistensi dan kecermatan.
Adapun contoh soal test psikiatri
“Apakah anda takut dengan gelap”
“Bapak (Almarhum Bapak) adalah orang yang baik”
“Apakah dalam waktu dekat ini anda ada keinginan untuk kabur dari rumah”
Tes Kesehatan dilaksanakan hari berikutnya. Tes kesehatan  sendiri meliputi Tes Darah, Tes Urine, ECG, RT, Ronsen, Berat badan Tinggi Badan, pemeriksaan fisik. Sebelum pelaksaan tes kesehatan peserta harus puasa selama 8 jam hanya diperbolehkan minum air putih.

Tahap IV Wawancara Akhir
Pelaksanaan Tes Wawancara Akhir beda dengan tes sebelumnya, jika tes sebelumnya dilakukan serentak pada tes Wawancara Akhir setiap kota pelaksanaannya berbeda-beda. Kebetulan untuk kota Semarang dilaksanakan pada tanggal 2-6 Oktober 2017. Pada tes Wawancara Akhir ini peserta dihadapkan dengan tiga user dari Bank Indonesia. Pertanyaan saat wawancara tentang Skripsi, Jobsdesk Pekerjaan jika sudah memiliki pengalaman kerja, masalah ekonomi, tentang Bank Indonesia. Tips untuk wawancara akhir percaya diri, mengenali diri sendiri, dan siapkan materi.
Pengumuman hasil akhir pada tanggal 10 November 2017.
Malam itu saya dapat email dari BI yang menyatakan saya belum bisa bergabung dengan Bank Indonesia. Namun data masih disimpan dan akan dipanggil sewaktu-waktu sesuai kebutuhan Bank Indonesia. Awal baca rasanya sedih, setelah 6 bulan menunggu huhuhu mungkin memang rejeki saya bukan di BI dan insaaAllah akan ada yang lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Program Pangkat dengan Visual Basic

Soal Latihan Pengantar Probabilitas

PAPER KARYA ILMIAH