contoh makalah bahasa indonesia
EFEKTIFITAS
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI GEOMETRI
Disusun untuk
memenuhi tugas Bahasa Indonesia
Dosen : Zuliyanti
Oleh
:
Nama : Ayuk Wulandari
NIM
: 4111412026
Rombel
: 061
MATEMATIKA
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
....................................................................................... i
DAFTAR ISI
.................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
................................................................................ 1
1.1 Latar Belakang Masalah
.................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah
........................................................................... 2
1.3 Tujuan Pembahasan
......................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................. 3
2.1 Landasan
Teori
........................................................................... 3
2.1.1
Efektifitas Pembelajaran ................................................. 3
2.1.2
CD Interaktif
................................................................... 3
2.1.3 Ketrampilan Proses
......................................................... 3
2.1.4 Prestasi Belajar
................................................................ 3
2.2 Pembahasan
................................................................................. 4
2.2.1
Efektifitas Pembelajaran Matematika
Dengan Bantuan CD
Interaktif Dalam Materi Geometri ................................... 4
BAB III PENUTUP
............................................................................................. 6
3.1 Simpulan
...................................................................................... 6
3.2 Saran ............................................................................................. 6
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Ketika
kita meminta pendapat dari seorang siswa tentang pembelajaran matematika, kita
akan mendengar banyak keluhan dari mereka. Bahwa matematika itu pelajaran yang
sulit, pembelajarannya membosankan, tidak menarik. Sehingga berujung pada hasil
belajar matematika yang rendah. Hal ini disebabkan kurang kreatifitas seorang
guru dalam menyampaikan pembelajaran dan media yang digunakan menyenangkan dan
lebih dekat dengan siswa. Sebagaiman Arsyad (2006:15) mengemukakan dua unsur
yang amat penting dalam proses pembelajaran dikelas yaitu model/strategi dan
media pembelajaran.
Belajar
matematika dari sumber guru masih dilakukan di pendidikan formal. Dimana dalam
proses pembelajaran dikelas masih didominasi oleh guru. Guru masih menjadi
sumber satu – satunya bagi siswa. Selain guru, buku teks juga masih dijadikan
sumber belajar utama dan mendominasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan
selama ini. Sementara itu sumber belajar lainnya belum dimanfaatkan untuk
meningkatkan keefektifitasan pembelajaran.
Dalam
proses pembelajaran matematika di sekolah terdapat beberapa permasalahan.
Terkait dengan karekteristik matematika, objeknya yang abstrak, konsep dan
prinsipnya berjenjang, dan prosedur pengerjaannya yang banyak memanipulasi
bentuk-bentuk membuat siswa seringkali mengalami kesulitan.
Pada
makalah ini, keefektifitasan pembelajaran matematika dengan bantuan CD
interaktif pada geometri SMP, siswa disuguhkan dengan objek – objek matematika
berupa titik, garis, bangun datar, bangun ruang. Kecenderungan yang terjadi
dilapangan guru membantu siswa dengan menggambar di papan tulis atau dikertas.
Karena visualisai yang dua dimensi, serta memakan waktu lama dan juga kurang
menarik dirasa kurang efektif dan efisien yang berdampak pada kurangnya
kesempatan siwa untuk memperoleh pengalaman belajar yang banyak.
1.2
Rumusan Masalah
Masalah
yang dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana efektifitas pembelajaran
matematikan dengan bantuan CD interaktif dalam materi geometri.
1.3
Tujuan Pembahasan
Tujuan
pembahasan dalam makalah ini adalah menjelaskan efektifitas pembelajaran
matematika dengan bantuan CD interaktif dalam materi geometri.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan
Teori
2.1.1 Evektifitas
Pembelajaran
Efektivitas berasa dari kata
“efektif” yang berarti membawa hasil atau berhasil guna. Mulyasa (2004:82)
menerangkan bahwa efektivitas adalah suatu keadaan dimana dalam tujuan atau
sasaran pembelajaran merupakan suatu ukuran keberhasilan, semakin berhasil atau
membawa hasil semakin tinggi tingkat efektivitasnya. Ada pengaruh aktivitas dan
ketrampilan proses peserta didik terhadap prestasi belajar pada pembelajaran
dengan media pembelajaran.
2.1.2 CD
Interaktif
Menurut
Herrington (1998:92) multimedia sebagai gabungan antara berbagai media seperti
teks, numerik, grafik, gambar, animasi, video, fotografi, dan data yang dikendalikan
dengan program komputer (dalam satu software digital) serta mempunyai kemampuan
interaktif, menjadi salah satu alternatif alat bantu pembelajaran. Depdiknas
(2004: 438) menyatakan interaktif artinya saling melakukan aksi, antar
hubungan, saling aktif. Jadi CD interaktif adalah suatu alat multimedia berupa
keping CD yang dapat melakukan aksi yang bersifat saling aktif dan
dioperasionalkan dengan komputer.
2.1.3 Ketrampilan Proses
Menurut
Syah (2003) Keterampilan Berproses berarti cara-cara atau langkahlangkah khusus
yang dengannya beberapa perubahan ditimbulkan hingga tercapainya hasil-hasil
tertentu. Keterampilan proses dalam penelitian ini meliputi tahapan-tahapan
proses pembelajaran yang dimulai dari tahap awal (membuka) pelajaran, kegiatan
inti dan kegiatan menutup pelajaran, serta ketrampilan proses dalam mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan guru.
2.1.4 Prestasi Belajar
Menurut
Slameto (1995: 2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,
sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Prestasi
belajar dalam makalah ini adalah hasil yang diperoleh peserta didik setelah
mengikuti proses belajar mengajar yang diukur melalui tes.
2.2 Pembahasan
2.2.1 Efektifitas Pembelajaran
Matematika Dengan Bantuan CD Interaktif Dalam Materi Geometri
Model
pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran diharapkan komunikasi antara
guru dan siswa dapat terciptakan. Siswa dapat memahami materi yang diberikan,
serta mendapatkan prestasi belajar yang baik.
Pembelajaran
dengan bantuan CD interaktif dalam materi geometri diharapkan ada perubahan
baik keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Untuk menguji keefektifan
pembelajaran berbantuan CD interaktif dilakukan uji ketuntasan belajar
(idividual dan klasikal) , uji pengaruh (regresi), uji banding(membagi kelas
eksperimen dan kelas kontrol). Dari percobaan tersebut dapat dilihat apakah
keakitifan dan ketrampilan siswa berpengaruh dengan prestasi belajar ? Terlihat
bahwa ketrampilan siswa lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar
dibandingkan aktifitas siswa.
Pengaruh
positif tersebut terjadi karena ketika aktivitas peserta didik secara fisik, mental,
dan sosial muncul maka akan berkembang pula kemampuan-kemampuan fisik, mental,
dan sosial mereka sehingga akan meningkatkan prestasi belajar mereka. Jadi aktivitas
dan keterampilan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan saling memperkuat
untuk memperoleh prestasi belajar yang optimal. Namun demikian, jika dilihat
dari besar pengaruh yang dimilikinya ternyata keterampilan proses memiliki pengaruh
lebih tinggi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dibanding aktivitas
peserta didik.
Apakah ketuntasan siswa mencapai KKM = 75 ? Ketuntasan
prestasi belajar yang diukur adalah ketuntasan individual dan ketuntasan
klasikal. Untuk uji ketuntasan klasikal diperoleh bahwa nilai rata-rata ketuntasan
belajar individual di kelas eksperimen mencapai lebih dari atau sama 75.
Sedangkan uji ketuntasan klasikal (uji proporsi, proporsi ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal mencapai proporsi lebih dari 80%. Keberhasilan
itu disebabkan karena pembelajaran berbantukan CD interaktif dikelas membantu
peserta didik untuk meningkatkan keaktifan memungkinkan peserta didik
berdiskusi dengan kelompoknya dan teman dari kelompok yang lain sehingga
dimungkinkan menemukan jawaban benar dengan banyak cara dan mereka berhak
memilih cara yang menurutnya lebih mudah dipahami.
Selain
itu dari uji banding dapat dilihat prestasi belajar kelas eksperimen dan
prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil membandingkan nilai rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen
mempunyai nilai rata-rata ketuntasan lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata
ketuntasan kelas kontrol. Ini menunjukkan pembelajaran berbantuan CD interaktif
yang lebih menekankan pada aktivitas dan keterampilan proses terbukti lebih
baik dari
pembelajaran
individual dengan metode ceramah yang selama ini dilakukan.
Dari
keseluruhan pembahasan di atas menunjukkan bahwa proses pembelajaran berbantuan
CD interaktif dalam materi geometri didapat hasi berupa: 1) setiap variabel mencapai ketuntasan, 2)
terdapat pengaruh positif variabel independen terhadap variabel dependen, dan 3)
prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding prestasi belajar kelas
kontrol. Dari ketiga hal tersebut berarti uji coba pembelajaran berbantuan CD
interaktif menghasilkan proses pembelajaran yang efektif.
BAB
III
KESIMPULAN
3.1 Simpulan
Karena
pelaksanaan pembelajaran telah mencapai indikator efektif, yaitu: 1) prestasi belajar
mencapai kriteria ketuntasan minimal baik secara individual maupun secara
klasikal, 2) ada pengaruh positif aspek aktivitas dan keterampilan proses terhadap
prestasi belajar peserta didik, dan 3) prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi
dibanding prestasi belajar kelas kontrol, maka pelaksanaan pembelajaran
berbantuan CD interaktif efektif.
3.2 Saran
Penulis
berharap agar karya tulis ini dapat menambah khasanah keilmuan bagi pembaca.
Selain itu, topik penelitian ini dapat dikembangkan lagi menjadi penelitian yang
lebih luas.
Komentar
Posting Komentar